Laman

Senin, 10 Mei 2010

IHT KOMPUTER GURU SMPN 3 BOBOTSARI

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru-guru SMP Negeri 3 Bobotsari dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, pada tanggal 3 - 10 Mei 2010 SMP Negeri 3 Bobotsari mengadakan kegiatan IHT Pelatihan Komputer. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (guru) SMP Negeri 3 Bobotsari dalam penguasaan komputer.



Kegiatan ini dilaksanakan pada sore hari setelah jam belajar siswa selesai, dimulai pk. 13.00 wib - 16.00 wib. Peserta IHT Pelatihan Komputer sebanyak 18 orang guru. IHT Pelatihan Komputer ini meliputi : Pengoperasian Microsoft Excel, Microsoft Word, Power Point, Pemindahan Data PDF ke Word dan Pelatihan Menyimpan Data ke CD (Burn).



Menurut Awal Hidayat,S.Pd - yang diberi tugas oleh Kepala Sekolah Eko Budi Santosa,S.Pd sebagai instruktur IHT Komputer - menyatakan bahwa IHT pelatihan komputer ini perlu dilakukan agar guru-guru SMP Negeri 3 Bobotsari dapat mengusai komputer dan dalam pembelajarannya melalui multimedia. Oleh karena itu, dengan IHT ini diharapkan para guru-guru dapat maksimal menggunakan fasilitas yang ada dalam komputer.


IHT Pelatihan Komputer ini lebih ditekankan pada program-program yang sering dipakai oleh guru dalam proses belajar mengajar maupun pengolahan nilai. Pada pembelajaran Excel, guru-guru belajar membuat tabel, menyeting tata letak tulisan, mengolah data seperti penggunaan fungsi Average, Sum, Max, Min, IF, COUNTIF, Ranking dan lain-lain.



Pada pembelajaran Word, guru-guru belajar membuat RPP, Menulis Soal Ulangan harian, SK dan lain-lain. Untuk program power point, belajar menulis dan memberi efek animasi serta pemberian background.





Pada IHT ini juga diajarkan bagaimana memindahkan tulisan dan gambar dari file berformat PDF ke Word secara langsung. Dan pada akhir IHT guru-guru belajar tentang bagaimana memindahkan dokumen data ke CD atau istilah lainnya membakar CD.





Selama kegiatan IHT, mereka sangat antusias dan sedikit-sedikit mendalami fasilitas yang ada dalam program-program komputer. Menurut Awal Hidayat, temen-temen guru sebenarnya sudah menguasai komputer hanya mereka belum maksimal dalam penggunaannya. Insya Alloh.. melalui IHT ini, temen-temen guru akan lebih menguasai dalam menjalankan program-program komputer.



Eko Budi Santosa,S.Pd selaku kepala sekolah mengatakan bahwa, sudah waktunya para guru menguasai komputer dan melalui IHT ini semoga guru SMP Negeri 3 Bobotsari semakin profesional dalam melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) dan tertib administrasi mengajar. Guru sekarang harus senantiasa dapat mengikuti perkembangan jaman khususnya komputer dan ke depan adalah penggunaan internet.



Saya sangat senang melihat guru-guru SMPN 3 Bobotsari sangat antusias belajar komputer dan Insya Alloh... dalam waktu dekat, fasilitas penunjang KBM multimedia akan kami usahakan untuk dilengkapi, lanjut beliau.

2 komentar:

  1. salut dengan progam komputer bagi staff pengajar dapat meningkatkan kinerja, by f_fujigreencoal

    BalasHapus
  2. bapak dan ibu guru..

    melihat foto foto anda,,
    saya jadi kangen nih.. ><

    BalasHapus