Laman

Selasa, 23 Maret 2010

SELAYANG PANDANG

SMP Negeri 3 Bobotsari berdiri pada tahun 1997, terletak kurang lebih 3 km arah barat laut dari ibukota Kecamatan Bobotsari atau 13 km dari ibukota Kabupaten Purbalingga. Tepatnya di Desa Talagening. Sebuah desa yang terletak di lereng Gunung Slamet.

SMP Negeri 3 Bobotsari letaknya di tepi jalan masuk ke Desa Talagening, atau 300 m dari jalan raya Bobotsari – Pemalang. Posisinya menghadap ke arah utara. SMP Negeri 3 Bobotsari menempati lahan seluas lebih kurang 5.090 m2. Di sekelilingnya merupakan tanah pertanian milik warga masyarakat Talagening. Di lahan seluas itu, terdapat beberapa bangunan gedung dan taman serta kebun.


Sejak berdiri hingga sekarang Maret 2010, Kepala SMPN 3 Bobotsari telah beberapa kali mengalami pergantian. Saat ini yang menjabat sebagai Kepala Sekolah beliau Bapak Eko Budi Santosa,S.Pd.


Beliau merupakan sosok kepala sekolah yang mengedepankan mutu pendidikan. Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih, program sekolah yang beliau kedepankan adalah Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi baik bagi para staf pengajar atau guru-guru, staf tata usaha maupun para peserta didik.
Visi dan Misi SMP Negeri 3 Bobotsari adalah :

VISI SEKOLAH

” Hidup Berakhlak Mulia, Berprestasi, Mandiri ”

MISI SEKOLAH
  1. Melaksanakan kegiatan keagamaan sesuai dengan keyakinan dan keimanan masing-masing secara terencana, terpadu dan berkesinambungan serta menumbuhkembangkan keteladanan bagi semua warga sekolah
  2. Melaksanakan proses pembelajaran secara aktif, kreatif, efesien dan efektif serta berorientasi life skill / kecakapan hidup
  3. Memelihara lingkungan yang bersih, indah, aman dan nyaman dalam rangka menuju sekolah sehat
  4. Menumbuhkembangkan budaya tertib, disiplin dan berprestasi kepada semua warga sekolah.
  5. Mendorong serta membantu siswa mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
  6. Menumbuhkan idealisme segenap warga sekolah agar memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai prestasi sekolah yang optimal.
  7. Menumbuhkembangkan budaya membaca dan menulis kepada semua warga sekolah
Dengan visi dan misi tersebut, untuk memotivasi seluruh warga sekolah Bapak Eko Budi Santosa,S.Pd selaku Kepala Sekolah menerapkan 7 (Tujuh) Budaya Malu yaitu :
  1. MALU DATANG TERLAMBAT / PULANG CEPAT
  2. MALU MELIHAT REKAN SIBUK MELAKUKAN AKTIVITAS
  3. MALU MELANGGAR PERATURAN / BERBUAT KESALAHAN
  4. MALU BEKERJA TIDAK BERPRESTASI
  5. MALU TUGAS TIDAK TERLAKSANAKAN / TIDAK SELESAI TEPAT WAKTU
  6. MALU TIDAK SALING BERKOORDINASI DENGAN SESAMA REKAN DALAM MENGHADAPI MASALAH
  7. MALU TIDAK BERPERAN AKTIF DALAM MEWUJUDKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH
Selama kepemimpinan beliau SMP Negeri 3 Bobotsari telah mengalami banyak kemajuan baik dibidang sarana fisik maupun prestasi sekolah akademik maupun non akademik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar