Laman

Kamis, 09 Desember 2010

APAKAH KITA GURU YANG BAIK ?

Bagaimana kita tahu bahwa kita sebenarnya adalah guru yang baik? Dapatkah kita belajar untuk menjadi guru yang baik?
Mengajar adalah profesi yang paling indah di dunia. Sebagai guru, kita membuat kontribusi langsung dan terukur bagi bangsa kita dan bagi dunia dengan membantu anak-anak mengenal pengetahuan dan ketrampilan. Mengajar memberikan tantangan dan kesempatan yang tiada habisnya untuk berkembang. Setiap hari, mengajar akan menguji ketrampilan komunikasi interpersonal kita, pengetahuan akademik, ataupun kemampuan kepemimpinan kita.
Jika kita adalah seorang guru yang baik, kita akan memberikan inspirasi, motivasi dan tantangan kepada anak-anak kita / siswa untuk mengembangkan bakat dan kekuatan individual mereka; dan akan merasakan kegembiraan yang tiada bandingnya ketika salah satu dari mereka menyadari kita telah banyak memberikan kepada mereka dan mereka akan berterima kasih dengan rasa haru. Kita pun akan menangis dengan haru.

Guru terbagi dalam tiga rasa dasar : super - excellent - dan good. Rasa apa yang kita inginkan sebagai guru tergantung pada kekuatan personal kita sendiri, hubungan pertemanan, tujuan profesional, dan prioritas individual kita.

1. Guru Super
Mengajar dengan super membutuhkan energi fisik, emosi dan mental yang sangat tinggi. Guru super biasanya tiba di sekolah lebih awal dan pulang paling akhir. Mereka juga menghadiri seminar dan melanjutkan kuliah pendidikan, sukarelawan bagi kegiatan murid dan memberikan diri mereka bagi murid-murid yang membutuhkan bantuan ekstra di dalam maupun di luar kelas.

2. Guru Excellent
Guru-guru excellent menikmati pekerjaan mereka, tetapi mereka membatasi jumlah waktu dan energi yang mereka bhaktikan untuk mengejar. Mereka peduli dan melakukan yang terbaik bagi para murid mereka - tetapi tidak mengorbankan kebutuhan keluarga mereka sendiri. para guru excellent juga bekerja lembur karena untuk mengajar yang baik dibutuhkan sejumlah waktu lembur yang tidak dibayar (seperti memeriksa pekerjaan murid, membuat rencana mengajar, dan mengawasi ulangan harian), tetapi mereka memberikan batasan waktu lembur yang mau mereka kerjakan.

3. Guru Good
Guru yang good mengerjakan pekerjaan mereka dengan baik, tetapi mereka memahami batasan mereka senidir. Mereka membuat batasan yang sangat jelas antara profesionalitas dan waktu pribadi. Mereka memperlakukan murid dengan rasa hormat dan mereka melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa semua murid mempelajari materi yang disyaratkan untuk tingkat pendidikan selanjutnya, tetapi mereka tidak berkewajiban untuk menyelamatkan murid-muridnya satu persatu.

Tanpa memandang apakah kita memilih untuk menjadi seorang guru yang super-excellent atau good, kita tetaplah seseorang yang memberikan kontribusi kepada masyarakat dan menjalankan tugas mulia dan membrikan pembentukan masa depan negara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar