Laman

Kamis, 24 Juni 2010

CARA MENGENTRI BLOG

Untuk membuat blog atau menjadi blogger, seorang blogger harus memiliki / membuat dulu alamat email. Alamat email bisa bermacam-macam seperti memakai : @yahoo.co.id atau @gmail.com. Kalau sudah memiliki tinggal membuat blognya. Jika sudah pernah membuat blog maka cara menambah atau mengisi blog (entri baru), caranya sebagai berikut :
  1. Pada googel ketik nama blognya, misal rakiman blog setelah itu klik enter
  2. Tunggu sampai muncul tampilan blognya.
  3. Klik judul blognya yang sudah jadi misalnya RAKIMAN, tunggu sampai muncul
  4. Setelah muncul, pada pojok kanan atas ada tulisan buat blog dan masuk, klik masuk
  5. Tunggu sampai muncul jendela blogger
  6. Setelah muncul jendela blogger masukan / ketik alamat emailnya dan ketik paswordnya setelah itu klik masuk
  7. Tunggu sampai muncul jendela dasbor blogger.
  8. Setelah muncul, pada dasbor blogger terdapat informasi-informasi seperti : lihat profil, edit profil, edit foto, entri baru, edit entri, pengaturan, rancangan, dan juga lihat blog.
  9. Jika mau memperbaiki profil klik edit profil, ikuti atau isi apa yang ada dalam edit profil.
  10. Jika mau mengisi blog, klik entri baru, lalu tulis judulnya kemudian tulis isinya atau beritanya. Jika mau mengisi gambar klik simbol tambah gambar pada sebelah kiri tulisan pratinjau. Kemudian ambil gambar dari hardisk dengan cara klik Browse. Kalau bisa sebaiknya ukuran gambar diperkecil resolusinya atau dimensinya misalnya ukuran 200 x 250 (resizenya). Foto dapat diedit dengan software ACDSee 8. Setelah itu klik Open lalu atur letak foto di kiri, tengah atau kanan dengan cara mengklik lingkaran disebelahnya. Kemudian klik unggah gambar, tunggu sampai selesai.
  11. Lanjutkan berita atau isi blog.
  12. Setelah isi berita dirasa cukup kemudian klik terbitkan entri pada kotak bagian bawah biasanya berwarna oranye. Tunggu sampai muncul tulisan Entri blog Anda berhasil diterbitkan.
  13. Untuk melihat hasilnya lalu klik Lihat Entri.
  14. Untuk mengedit lagi klik edit entri.
  15. Untuk membuat berita baru klik buat entri baru.
  16. Setelah mengisi atau menambah blog selesai, untuk keluar dari blog jangan lupa untuk meng-klik keluar pada pojok kanan atas, pada deretan tulisan : alamat email, dasbor, akunku, bantuan, keluar.
Demikian sedikit informasi tentang bagaimana cara mengisi atau membuat entri baru pada blog. Semoga bermanfaat untuk kita semua ... !

Selamat Mencoba.... Semoga Sukses ...


awal hidayat
staf pengajar SMPN 3 Bobotsari

1 komentar: