Laman

Selasa, 29 Maret 2011

Komponen Pengelolaan Pembelajaran Guru

A. Penyusunan rencana pembelajaran :
  • Mampu mendeskripsikan tujuan/kompetensi pembelajaran
  • Mampu memilih/menentukan materi
  • Mampu mengorganisir materi
  • Mampu menentukan metode/strategi pembelajaran
  • Mampu menentukan sumber belajar/media/alat peraga pembelajaran
  • Mampu menyusun perangkat penilaian
  • Mampu menentukan teknik penilaian
  • Mampu mengalokasikan waktu
B. Pelaksanaan interaksi belajar mengajar :
  • Mampu membuka pelajaran
  • Mampu menyajikan materi
  • Mampu menggunakan metode/media
  • Mampu menggunakan alat peraga
  • Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif
  • Mampu memotivasi siswa
  • Mampu mengorganisasi kegiatan
  • Mampu berinteraksi dengan siswa secara komunikatif
  • Mampu menyimpulkan pembelajaran
  • Mampu memberikan umpan balik
  • Mampu melaksanakan penilaian
  • Mampu menggunakan waktu
C. Penilaian prestasi belajar peserta didik :
  • Mampu memilih soal berdasarkan tingkat kesukaran
  • Mampu memilih soal berdasarkan tingkat pembeda
  • Mampu memperbaiki soal yang tidak valid
  • Mampu memeriksa jawaban
  • Mampu mengklasifikasikan hasil-hasil penelitian
  • Mampu mengolah dan menganalisis hasil penilaian
  • Mampu mengolah hasil penelitian
  • Mampu membuat interpretasi kecenderungan hasil penilaian
  • Mampu menentukan korelasi antara soal berdasarkan hasil penilaian
  • Mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil penilaian
  • Mampu menyimpulkan dari hasil penilaian secara jelas dan logis
D. Pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik :
  • Menyusun programtindak lanjut hasil penilaian
  • Mengklasifikasi kemampuan siswa
  • Mengidentifikasi kebutuhan tindak lanjut hasil penilaian
  • Melaksanakan tindak lanjut
  • Mengevaluasi hasil tindak lanjut
  • Menganalisis hasil evaluasi program tindak lanjut hasil penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar