A. Penyusunan rencana pembelajaran :
- Mampu mendeskripsikan tujuan/kompetensi pembelajaran
- Mampu memilih/menentukan materi
- Mampu mengorganisir materi
- Mampu menentukan metode/strategi pembelajaran
- Mampu menentukan sumber belajar/media/alat peraga pembelajaran
- Mampu menyusun perangkat penilaian
- Mampu menentukan teknik penilaian
- Mampu mengalokasikan waktu
B. Pelaksanaan interaksi belajar mengajar :
- Mampu membuka pelajaran
- Mampu menyajikan materi
- Mampu menggunakan metode/media
- Mampu menggunakan alat peraga
- Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif
- Mampu memotivasi siswa
- Mampu mengorganisasi kegiatan
- Mampu berinteraksi dengan siswa secara komunikatif
- Mampu menyimpulkan pembelajaran
- Mampu memberikan umpan balik
- Mampu melaksanakan penilaian
- Mampu menggunakan waktu
C. Penilaian prestasi belajar peserta didik :
- Mampu memilih soal berdasarkan tingkat kesukaran
- Mampu memilih soal berdasarkan tingkat pembeda
- Mampu memperbaiki soal yang tidak valid
- Mampu memeriksa jawaban
- Mampu mengklasifikasikan hasil-hasil penelitian
- Mampu mengolah dan menganalisis hasil penilaian
- Mampu mengolah hasil penelitian
- Mampu membuat interpretasi kecenderungan hasil penilaian
- Mampu menentukan korelasi antara soal berdasarkan hasil penilaian
- Mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil penilaian
- Mampu menyimpulkan dari hasil penilaian secara jelas dan logis
D. Pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik :
- Menyusun programtindak lanjut hasil penilaian
- Mengklasifikasi kemampuan siswa
- Mengidentifikasi kebutuhan tindak lanjut hasil penilaian
- Melaksanakan tindak lanjut
- Mengevaluasi hasil tindak lanjut
- Menganalisis hasil evaluasi program tindak lanjut hasil penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar